Skip to main content

SISU

Sisu adalah sebuah kata dari bahasa Finlandia. Bagi yang belum tahu, negara Finlandia adalah salah satu negara di Eropa.  Aku mengetahui negara tersebut oleh karena aku suka sepakbola. salah satu keuntungan yang kudapatkan adalah mengetahui banyak nama daerah dan negara, yang ada klub sepakbolanya. Hi...hi...hi...

Kembali ke sisu. Sisu itu artinya apa? Tidak ada satu kata dalam bahasa Inggrispun yang bisa digunakan sebagai kata yang menerjemahkan kata sisu. Begitu yang dijelaskan ketika aku menonton film berjudul Sisu ini.

Yaps, kata sisu aku kenal karena kata ini menjadi sebuah judul film di Netflix. Film ini aku akhirnya nonton sampai habis karena alur ceritanya menarik bagiku. Kalau filmnya tidak menarik, aku akan berhenti di tengah jalan.

Eh, ternyata berhenti di tengah jalan itu bisa dikatakan lawan dari arti kata sisu lho. Kata sisu bisa dijelaskan sebagai KEPUTUSAN untuk tidak mau menyerah SEBERAT APAPUN kondisi yang dihadapi. 

Film Sisu sendiri berlatar belakang Perang Dunia ke-2 di mana tentara Nazi Jerman sudah dinyatakan kalah namun belum 100% menyerah. 

Kata sisu bukan mewakili tentara Nazi tersebut, namun menggambarkan salah seorang mantan tentara yang harus menghadapi serbuan sekelompok tentara Nazi dengan komandannya yang sangat ambisius merebut bongkahan emas yang banyak dari mantan tentara tersebut. 

Mantan tentara tersebut diceritakan berprofesi sebagai penambang emas yang barus saja berhasil menemukan banyak bongkahan emas dan berencana untuk menukarnya dengan uang kertas. Namun. dalam perjalanan ke kota, dia harus berhadapan dengan sekelompok tentara Nazi yang karena sudah kalah perang, ingin merebut emas miliknya agar bisa jadi modal ketika kembali ke Jerman. 

Situasi yang dihadapi oleh mantan tentara tersebut sangatlah mengerikan kalau tidak mau dikatakan tragis. Namun, sikap pantang menyerah sang penambang emas tersebut membuat dia akhirnya berhasil mengalahkan tentara Nazi dan berhasil mencapai tujuannya.

Apakah dia berhasil karena kuat? Bukan itu faktor utamanya. Faktor utamanya adalah kegigihan yang luar biasa dan sekali lagi, MENOLAK MENYERAH walau situasi yang dihadapinya sebenarnya bagi kebanyakan dari kita akan membuat kita sudah menyerah.

Dia tidak MENOLAK menyerah untuk mencapai tujuannya. 



Sebuah kisah inspiratif bagiku secara pribadi karena mendorong aku untuk terus semangat dalam menghadapi banyak tantangan dalam kehidupanku. 

Ada banyak situasi dan kondisi yang membuat aku bisa saja menyerah saat ini. Namun, film Sisu membuatku tersadar. Aku harus MENOLAK menyerah. Situasi yang berat bukan berarti tidak ada solusi. Mungkin saat ini belum terlihat. Namun aku harus terus berjuang dengan apa yang saat ini bisa aku lakukan. JANGAN ADA KATA MENYERAH DALAM KAMUS HIDUP MANUSIA.

Comments

Popular posts from this blog

SURAT UNTUK NEDI DI SURGA

“Dalam kehidupan ini kita tidak dapat selalu melakukan hal yang besar… tetapi kita dapat melakukan banyak hal kecil dengan cinta yang besar”.(Mother Teresa) Ketika di sekolah, tiba-tiba aku mendapat telepon dari nomor yang tidak aku kenal. Aku pikir yang telepon adalah agen asuransi yang sering telepon. Hampir tidak mau kuangkat karena baru beberapa hari lalu dapat telepon dari agen asuransi. Aku tetap menerima Telepon tersebut dan ternyata dari seorang teman lama dan dia bertanya hal yang sangat mengagetkan, “kak Godlif, apakah benar kak Nedi meninggal?” …. Dalam hati aku sangat terkejut. Aku langsung mau pastikan dengan bertanya kepada Yeri, teman yang menjadi staf JOY, persekutuan mahasiswa tempat kita bertemu , bertumbuh dan bekerjasama ketika masih di Jogja. Dan dia memastikan bahwa berita itu benar. NEDI MENINGGAL. Butuh waktu untuk benar-benar tenang dan benar-benar sadar bahwa berita kematianmu itu adalah fakta. Berita yang tidak ingin didengar olehku secepat ini... Beri

SEPEDA MOTOR YANG HILANG

Hari Senin di pertengahan Juni 2023 sebenarnya dimulai normal-normal saja. Aku bangun subuh seperti biasa. Setelah sempat tidur lagi, alarm kembali berbunyi pukul 06.15 WIB sesuai dengan settingan yang aku buat setiap hari. Mempertimbangkan aku punya sejarah sakit maag dan bisa jadi aku cukup kelelahan sehingga sering ketiduran walau sempat bangung subuh, aku sengat mengatur alarm di handphoneku setiap jam 06.15 sebagai alarm pengingat untuk segera sarapan. tentunya aku tidak membuat sarapanku sendiri. aku bangun dari kasur tidurku, ke kamar mandi untuk buang air kecil, lalu mengenakan celana panjang dan kaos, memanaskan sepeda motor Revo tuaku (lahir tahun 2012) dan berangkat ke warung kopi langgananku. Hampir setiap hari aku lakukan ritual itu. Alasannya sederhana. Semenjak aku kos di rumah kosku sekarang, warung kopi itulah yang menyediakan segala yang kubutuhkan di pagi hari sesuai dengan ketebalan dompetku. Awal-awal kos, aku "survei" di beberapa warung makan untuk sarap

[TERPAKSA] KUMULAI

Tidak ada yang ingin kumulai. Tetapi terpaksa kumulai. Ada hal yang tidak bisa tidak harus kumulai. Akhir Januari 2023  terkejut karena aku mendapatkan amanah baru di tempat kerjaku, yang beda jauh dengan job description amanahku sekarang. Akhirnya aku [terpaksa] memulai beradaptasi dengan amanah baru itu dengan tetap masih melakukan amanah yang lama sambil menanti rekan kerja baru yang melakukan amanah lamaku. Sampai kapan? Wallahu alam Yang ingin kumulai adalah menikmati amanah baru itu, bisa beradaptasi secepat kilat serta bisa memberi warna berbeda yang positif bagi tempat kerjaku lewat amanahku itu. Soalnya amanah ini mengharuskan aku lebih banyak berinteraksi dengan orang dalam hal-hal sensitif. Itu yang ingin kumulai walau terpaksa memulai amanah baru.  Terpaksa itu jangan selalu dikonotasikan dengan negatif... Ada banyak hal positif baru dirasakan setelah menjalani keterpaksaan. Kalau aku tidak terpaksa jadi kapten tim fun football, maka aku kan nggak ada kesempata